DAFTAR ISI RUMAH KEFIR SURABAYA

Buah Tin Buah Surga dengan Sejuta Manfaatnya

Buah Tin. Namanya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Di dalam Al-Qur'an pun terdapat surat tentang buah ini.

"Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, dan demi bukit Sinai." (At-Tin:1-2)

Apa sebenarnya yang terkandung dalam buah tin sehingga Allah membuat catatan khusus. Lantas apa kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan?,Tetapi bagaimana dan sepertia apa buah tin itu, kita jarang atau bahkan belum melihat buahnya. Di Indonesia memang masih segelintir orang yang mencoba mengembangbiakkannya.

Jika anda pergi ke bali atau banyuwangi anda pasti melintasi Panarukan Situbondo atau mungkin anda ingat sejarah Jalan Daendles Anyer Panarukan, disana ada salah satu tempat pembibitan buah tin. oleh masyarakat setempat lokasi kami terkenal dengan Bengkel SAKINAH, tempat pembibitan ini mengembangbiakan pohon tindiatas tanah kurang lebih 2000 m2. Buah tin merupakan buah yang produktif karena terus menerus berbuah tanpa mengenal musim,dan memiliki keunikan, Ia berbuah tetapi tidak berbunga.

Buah ini memiliki banyak varietas. Paling tidak terdapat dua belas macam buah tin. Diantaranya adalah yordan, tin ungu, red palestine, red turki, brown turki, negronne, black ischia, libya, black turki, long yellow, panace tiger, dan flanders. Namun di tempat pembibitan ini hanya terdapat salah satunya.

Buah Tin banyak mempunyai manfaat. Buah tin mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. Kandungan coumarin dalam buah tin dapat mengurangi resiko kanker prostat. Buah tin juga mengandung kalsium untuk mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi membuat buah tin dapat dimakan sebagai alternatif asupan kalsium bagi orang yang alergi terhadap produk susu.

Kandungan trytophan-nya dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik. Pektin yang terdapat di dalam buah tin pun dapat membantu mengurangi kolesterol darah. Buah tin sangat efektif untuk proses penurunan berat badan karena kaya serat.

Jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar. Rajin mengkonsumsi buah tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak, dan mencegah anemia. Efek pencahar yang terkandung dalam buah tin dapat membantu mengobati sembelit kronis. Buah tin kaya akan fenol dan benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, virus dalam tubuh manusia.

Selain buahnya, daunnya juga memiliki manfaat. Beberapa manfaatnya yaitu untuk obat kencing batu, diabetes, dan asam urat. "Rebus lima ruas daun tin, lalu diminum airnya," Air rebusan tersebut dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.

Cara budidaya Buah Tin sangatlah mudah yaitu dengan cara pencangkokan. pencangkokan pohon tin sangat mudah. Metode yang kami gunakan adalah metode cangkok praktis. Media yang diperlukan hanyalah kompos dan tanah gembur. Kompos bisa diganti dengan sabut kelapa atau serbuk gergaji untuk hasil yang lebih baik. Perbandingannya adalah satu banding satu.

Kupas batang pohon sekitar 5-7 cm. Media yang telah dibungkus plastik dilubangi sedikit lalu ditempelkan pada batang tadi. Ikat. Akar akan tumbuh dalam plastik tersebut dalam jangka waktu tiga minggu. Setelah tumbuh akar, potong kemudian pangkas beberapa daun dan celupkan cangkokan kedalam air, selanjutnya tidurkan cangkokan sekitar 2 harian untuk tujuan penyesuaian grafitasi agar tanaman tidak stress kemudian Tanam dalam polibag lalu simpan di tempat teduh selama satu minggu,setelah satu minggu baru bisa disimpan di bawah terik matahari.

Pohon tin lebih bagus jika ditanam di tempat panas. Cara memindahkan pohon tin dari polibag juga cukup mudah,. Gali lubang berukuran sedang dalam tanah. Biarkan dua sampai tiga hari. Setelah tiga hari, campur tanah dengan kompos atau pupuk kandang. Kemudian pindahkan tanaman dari polibag.

Perawatan selanjutnya adalah menyiram pohon ini setiap pagi/sore hari, danlakukan hal yang seperti kami lakukan yaitu perbanyakan bibit/peremajaan pohon dengan cara mencangkok.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

© 2013 Rumah Kefir Surabaya. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top